Bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) atau Makam Juang Kabupaten Landak telah dilaksanakan prosesi pemakaman Praka Anumerta Ida Bagus Putu S (Personel Satgas Yonmek 403/WP) yang gugur saat bertugas di Pos Kiwarok, Distrik di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Hadir dalam prosesi pemakaman Danrem 121/Abw Brigjen TNI Dr. Ronny, Wadanyon Armed 16/Komposit Mayor Armed Ahya, Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa, Ketua DPRD Kabupaten Landak Heri Saman, Ketua Pengadilan Negeri Landak, Kajari Landak Sukamto, Dandim 1201 Mempawah Letkol Inf Dwi Agung Prihanto, Sekda Landak Vinsensius, Kapolres Landak, PJU Polres Landak, Kapolsek Ngabang, Camat Ngabang dan Orangtua almarhum beserta keluarga.

Sebelum dimakamkan jenazah almarhum sebelumnya diberangkatkan dari rumah duka yang beralamat di gang Abdul Aziz, Dusun, Tungkul, RT.003, RW 13, Desa Hilir Kantor, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak menuju ke Kantor Bupati Landak dalam rangka penyerahan jenazah dari Pemerintah Kabupaten Landak kepada Danrem 121/Abw untuk di lakukan pemakaman secara militer.

Pelaksanaan upacara pemakaman secara militer dipimpin langsung oleh Danrem 121/Abw dan usai pemakaman dilanjutkan peletakan karangan dan pemberian santunan kepada orang tua almarhum, selama prosesi pemakaman berjalan dengan hikmah dan lancar.

Usai melaksanakan upacara pemakaman secara militer Komandan Korem 121/Alambhana Wanawwai Brigjen TNI Ronny mengatakan Kalimantan Barat sudah kehilangan dua prajurit TNI yang gugur dalam melaksanakan tugas dan mereka dengan tulus memberikan jiwa dan raganya ditempat tugasnya dalam daerah operasi untuk keamanan negara.

“Sejak satu bulan yang lalu juga putra Kalimantan Barat dari Kabupaten Sintang yang juga gugur di Papua dan sekarang putra dari Kabupaten Landak, Saya berharap kedepan tidak ada lagi putra Kalimantan Barat yang bertugas di wilayah Papua menjadi korban dari kelompok sparatis teroris papua yang ada di sana," ungkapnya.

"Untuk rekan-rekan prajurit yang bertugas di papua tetap menjaga keamanan dan perdamaian disana,” tambah Ronny.

Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengatakan bahwa Kabupaten Landak sangat berduka dengan gugurnya Praka Anumerta Ida Bagus Putu Suwarman yang gugur dalam menjalankan tugas yang menjaga keamanan dan kedamian di Papua.

“Ini merupakan bukti bahwa keamanan itu adalah sesuatu yang mahal, kemerdekaan dan keamanan kita itu dibayar dengan harga yang mahal sekali bahkan dengan nyawa. Konflik dan kekerasan tidak menghasilkan apapun, semua orang akan rugi,” terang Karolin.

Bupati Karolin mengatakan terus mendukung pemerintah agar segera tercipta situasi yang aman dan damai di Papua serta perjuangan putra Kabupaten Landak yang gugur tersebut bisa diteruskan ke semua orang untuk menciptakan kedamaian dan menjaga kemerdekaan Indonesia.

“Kepada saudara-saudara kita di papua, kami mendoakan agar seluruh gerakan sparatis yang ada gerakan teroris yang ada itu segera bisa ditumpas dan situasi di papua bisa aman sehingga bisa membangun daerah papua,” tutup Karolin.