Pemerintah Kabupaten Landak menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) ke-61, Jumat (24/09/2021).

Hantura sendiri merupakan ulang tahun Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Argaria (UUPA).

Upacara yang berlangsung di Halaman Kantor ATR/BPN Kabupaten Landak dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, dihadiri Wakil Bupati Landak Herculanus Heriadi, Ketua DPRD Landak Heri Saman, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Landak Saurmudin, Kepala Kantor Kejaksaan Negeri Landak Sukamto, Kepala Pengadilan Negeri Kabupaten Landak, Kepala Kepolres Landak, dan Kepala OPD di Kabupaten Landak.

Wakil Bupati Landak Herkulanus Heriadi dalam pidatonya menyampaikan bahwa Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sudah semakin baik dalam melakukan perbaikan serta inovasi dalam administrasi sertifikat tanah.

"Meski demikian semangat Reformasi Birokrasi dan komitmen untuk melakukan perbaikan perlu didukung," ungkapnya.

Heriadi menuturkan bahwa beberapa waktu lalu sempat ada informasi tentang sertifikat yang dipegang masyarakat akan ditarik oleh BPN.

"Saya pastikan hal itu tidak benar atau hoaks, karena BPN tidak akan menarik sertipikat yang dipegang masyarakat, keduanya sama-sama berlaku baik yang lama maupun sertipikat elektronik tapi kedepannya semua sertipikat akan ditransformasi menjadi sertifikat elektronik," tuturnya

Dia menegaskan jika ada petugas Kementerian ATR/BPN yang akan menarik sertipikat masyarakat maka jangan dilayani dan segera dilaporkan pada aparat hukum maupun kantor BPN terdekat.

Terakhir Wakil Bupati mengajak dalam rangka percepatan PTSL sebagai bagian dari proyek strategis nasional, saya mengajak Gubernur dan Bupati/Walikota untuk menyukseskan program ini dengan membantu masyarakat yang kurang mampu melalui penyediaan anggaran Pra-PTSL.

"Serta membantu meringankan beban masyarakat dengan pengurangan atau bahkan penghapusan BPHTB sehingga target tahun 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia terdaftar dapat dicapai," tutupnya.