Selamat Datang

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Daerah Kabupaten Landak

Staf Ahli Bupati Landak Buka Rapat Anggota Tahunan Koperasi Landak Bersatu Tahun Buku 2020-2021

Staf Ahli Bupati Landak Buka Rapat Anggota Tahunan Koperasi Landak Bersatu Tahun Buku 2020-2021

LANDAK – Staf Ahli Bupati Landak Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Anem, SE, M.Si mewakili Pj. Bupati Landak membuka Rapat Anggota Tahunan Koperasi Landak Bersatu Tahun Buku 2020-2021 Serta Pemilihan Pengurus dan Pengawas Baru Periode Tahun 2022-2025, di Aula Besar Kantor Bupati Landak. Selasa (29/11/2022).

Pada kesempatan tersebut Staf Ahli Bupati Landak Anem menyampaikan Rapat Anggota Tahunan bagi koperasi merupakan hal yang mutlak harus dilaksanakan karena RAT merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi.

“RAT juga merupakan implementasi dan semangat yang harus hidup dalam koperasi yaitu asas kekeluargaan sebagai institusi pengambilan keputusan tertinggi dalam koperasi. RAT menyiratkan bahwa kekuatan utama pada organisasi koperasi adalah anggota,” ujar Anem.

Lebih lanjut Anem mengatakan bahwa koperasi secara umum telah memberikan andil yang signifikan terhadap pemberdayaan ekonomi rakyat melalui berkembangnya usaha-usaha koperasi kredit primer maupun koperasi produksen yang menghimpun ribuan anggota dengan aset yang besar di Kabupaten Landak.

“Kondisi ini tercapai tentu tidak terlepas dari peran utama dan sekaligus kinerja yang bagus dari pengurus, pengawas, dan manajemen Koperasi. Tidak berlebihan kalau pada kesempatan ini atas nama Pemerintah Kabupaten Landak menyampaikan apresiasi kepada perintis dan penggiat koperasi secara umum dam lebih khusus kepada pengurus Koperasi Landak Bersatu,” terang Anem.

Anem juga menyampaikan bahwa Koperasi sebagai badan usaha yang berdasarkan atas asas kekeluargaan harus dapat memberi jawaban yakni terciptanya kesejahteraan bagi anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya. Koperasi Landak Bersatu sebagai koperaasi konsumen tentunya menjadi motor penggerak dengan mengambil peran yang tidak sedikiy yaitu bagaimana membangun sinergitas potensi sumber daya yang dimiliki.

“Berbicara tentang kesejahteraan, saya menaruh perhatian yang serius sehingga pada tahun 2019 diadakan penyegaran pengurus yang diharapkan dapat melaksanakan usaha koperasi yang dimiliki yaitu Usaha Perdagangan Umum, Simpan Pinjam dan Usaha Rumah Makan atau Café. Namun saya dapat memahami bahwa di tahun 2020 pengurus telah memulai usahanya dengan menjalankan udaha perdagangan Beras dan Sembako, akan tetapi memang di awal tahun 2020 sampai 2021 bahkan hingga tahun 2022 ini Wabah Pandemi Covid-19 memang belum sepenuhnya berakhir sehingga usaha yang dilaksanakan belum berjalan dengan baik,” tukas Anem.

Ia juga mengajak agar seluruh anggota koperasi untuk turut berpartisipasi aktif dalam usaha koperasi yaitu dengan belanja di koperasi, melakukan simpan pinjam di koperasi demi kelancaran usaha koperasi sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan bagi anggota koperasi.

“Dengan melakukan simpan pinjam di koperasi sesungguhnya lebih terjamin keamanan dan produktif karena koperasi juga merupakan institusi yang fungsinya sama dengan bank yakni menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan Kembali dana tersebut ke masyarakat. Karakteristik yang menjadi pedoman bagi koperasi,” ucapnya.

Staf Ahli Bupati Landak itu juga menuturkan koperasi harus menjadi badan usaha yang sehat dengan menerapkan asas tata kelola yaitu transparan, akuntabilitas, kemandirian, pertanggungjawaban dan kewajaran dengan tetap mengacu pada nilai dan prinsip-prinsip koperasi serta empat pilar koperasi.

“Untuk mendukung pencapaian sistem tata Kelola yang sehat sangat diharapkan komitmen dari pemangku kepentingan, pengelolaan atas dasar sistem bukan orang, upaya penyempurnaan aturan internal yang mendukung, penegakan dan kepatuhan terhadap peraturan dan perundang-undangan, pemenuhan kompetensi sumber daya manusia, dan pengukuran performance organisasi yang jelas,” tutur Anem.

Berbagai strategi dan pola kebijakan yang dikembangkan secara sadar kiranya dapat mengikat loyalitas dan kepercayaan anggota, Sambung Anem, selain itu dapat menjadikan koperasi sebagai sebuah lembaga keuangan non bank yang menciptakan investasi bagi anggota koperasi melalui program simpanan/tabungan secara terencana.

“Di sisi lain adanya penyediaan modal yang memadai akan memudahkan para anggota untuk mendapatkan layanan pinjaman yang dapat digunakan untuk mengembangkan aktivitas ekonomi yang lebih produktif,” terang Anem.

Tidak lupa Anem menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Landak apresiasi kepada semua koperasi yang telah berperan mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Landak.

“Saya menghimbau untuk terus berjuang dengan spirit bekerjasama dan sama-sama bekerja membangun Koperasi khususnya Koperasi Konsumen Landak Bersatu,” tutup Anem.

Comments are closed.