Selamat Datang

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Daerah Kabupaten Landak

Sekda Landak Hadiri Kegiatan Sosialisasi Metadata Statistik Sektoral

Sekda Landak Hadiri Kegiatan Sosialisasi Metadata Statistik Sektoral

LANDAK – Sekretaris Daerah Landak Vincensius, S.Sos, MMA menghadiri Kegiatan Sosialisasi Metadata Statistik Sektoral Kabupaten Landak dengan narasumber dari BPS Prov. Kalimantan Barat dan Bappeda Kabupaten Landak yang dilaksanakan di Aula Kecil Kantor Bupati. Rabu (14/12/2022).

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut Plt. Kepala Dinas Kominfo serta OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Landak dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Vincensius menyampaikan bahwa Diskominfo Kabupaten Landak merupakan instansi yg memiliki tugas pokok dalam penyelenggaraan statistik sektoral.

“Diskominfo Kabupaten Landak merupakan satu-satunya instansi pemerintah yang memiliki tugas pokok penyelenggaraan Statistik Sektoral yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia dan Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah. Oleh karena itu, Diskominfo tidak dapat bekerja sendiri, tetapi juga perlu dukungan dari para penyelenggara kegiatan statistik sektoral, statistik dasar maupun statistik khusus. Dengan adanya koordinasi, integrasi, standardisasi dan sinkronisasi ketiga kegiatan statistik tersebut, maka Sistem Statistik Nasional dapat diwujudkan yang kemudian dapat dihimpun untuk guna Satu Data Indonesia,” jelas Vincensius.

Lebih lanjut Vinsensius menyampaikan bahwa penyelenggara statistik menjadi dasar dalam pengambilan kebijakan, sehingga sangat penting bagi Diskominfo Kabupaten Landak untuk menyajikan data yg tepat dan akurat.

“Penyelenggara statistik, baik dasar, sektoral, maupun khusus perlu memiliki integritas, karena itu menjadi dasar pengambilan kebijakan baik mikro maupun makro, baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, bahkan nasional. Kesalahan dalam menyampaikan hasil pendataan akan berdampak besar pada kebijakan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Diskominfo untuk menyajikan data yang tepat guna bagi pemerintah, masyarakat, dan para peneliti, khususnya untuk keberhasilan pembangunan di Kabupaten Landak,” Ujar Vincensius.

Tidak lupa Vinsensius menyampaikan bahwa dirinya menyambut baik dan berharap kepada Diskominfo Kabupaten Landak dapat berkolaborasi dengan OPD maupun instansi lainnya dalam menyediakan data.

“Saya, atas nama Pemerintah Daerah dan juga masyarakat Kabupaten Landak menyambut baik kegiatan ini dan berharap, di masa yang akan datang Diskominfo Kabupaten Landak dapat berkolaborasi dengan organisasi perangkat daerah maupun instansi vertikal lainnya dan mampu menyediakan data-data yang semakin akurat, mutakhir, dan dapat dipertanggungjawabkan sebagai upaya dalam menunjang pembangunan yang berkelanjutan di Kabupaten Landak,” tutup Vinsensius.

Comments are closed.