Selamat Datang

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Daerah Kabupaten Landak

Sekda Landak : Guru Adalah SDM Penting dan Berkontribusi Pada Lembaga Pendidikan

Sekda Landak : Guru Adalah SDM Penting dan Berkontribusi Pada Lembaga Pendidikan

LANDAK – Sekretaris Daerah Kabupaten Landak Vinsensius, S.Sos,.MMA Menghadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan SMK Santo Alexius Falconieri Jelimpo Paroki Mater Dolorosa, di turuk desa jelimpo kec.jelimpo kab.landak dan dihadiri oleh, Dewan Pastor Paroki Mater Dolorosa, Ketua Yayasan perguruan santo alexius falconieri dan jajaran, Anggota DPD RI, Anggota DPRD Prov kalbar, Anggota DPRD landak, Perwakilan Dinas Pendidikan dan kebudayaan landak, Kemenag landak, forkopimcam jelimpo, masyarakat setempat dan tamu undangan lainnya. Jumat, (24-02-2024).

Dalam kesempatan tersebut Vinsensius menyampikan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

“Terkait dengan kualitas pendidikan, khususnya di era globalisasi saat ini menjadi tantangan tersendiri, hal ini dikarenakan perkembangan sumber daya manusia dari setiap lembaga pendidikan maupun para pelaku pendidikan menjadi beban dan pergumulan bersama. namun, kita bersyukur bahwa lembaga pendidikan swasta yang ada di Kabupaten Landak masih terus berjalan dan berkembang serta semakin hari semakin membanggakan,” ujar Vinsensius.

Lebih lanjut vinsensius, mengatakan salah satu sumber daya manusia yang sangat berkontribusi pada lembaga pendidikan adalah guru yang merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar di kelas, sehingga diperlukan sosok guru yang inspiratif, kreatif, inovatif dan mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran bukan guru yang gagap terhadap teknologi.

“Dengan memanfaatkan beragam media pada perangkat teknologi dan informasi, maka guru dapat menyajikan informasi / materi ajar dalam bentuk yang lebih variatif (tidak hanya teks) dan menarik sehingga siswa menjadi lebih mudah memahami pelajaran. terdapat banyak sekali fitur di berbagai platform yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kelas online, seperti kuis, presentasi yang atraktif, dan lain-lain,” terang vinsensius.

Tidak lupa vinsensius mengingatkan bahwa satuan pendidikan bertanggung jawab untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari gerakan nasional revolusi mental. penguatan pendidikan karakter merupakan pintu masuk untuk melakukan pembenahan secara menyeluruh terhadap pendidikan kita.

“Kami sangat mengapresiasi terhadap adanya SMK Santo Alexius Falconieri Jelimpo menjadi salah satu sekolah swasta di kabupaten landak yang akan mampu bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam segala hal terutama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di kabupaten landak,” tutup Vinsensius.

Comments are closed.