Selamat Datang

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Daerah Kabupaten Landak

Pj. Bupati Landak Resmikan Masjid IKADI Al-Fikri dan Sekretariat IKADI Kabupaten Landak

Pj. Bupati Landak Resmikan Masjid IKADI Al-Fikri dan Sekretariat IKADI Kabupaten Landak

LANDAK – Pj. Bupati Landak Samuel meresmikan Masjid IKADI Al-Fikri dan Sekretariat IKADI Kabupaten Landak dalam acara Musyawarah Daerah I Ikatan Da’I Indonesia (IKADI) “Pelantikan Pengurus PD IKADI Kab. Landak, Peresmian Masjid IKADI Al-Fikri Kab. Landak, dan Peresmian Sekretariat PD IKADI Kab. Landak, di Masjid IKADI Al-Fikri, Desa Raja, Kecamatan Ngabang. Sabtu (10/12/2022).

Turut hadir para Kepala OPD di Lingkungan Kabupaten Landak, Kakan Kemenag Kabupaten Landak, Camat Ngabang, Ketua Wilayah IKADI Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Desa beserta Perangkat Desa dan Anggota BPD Desa Raja, Pimpinan Lembaga Kemasyarakatan beserta Tokoh Masyarakat Kabupaten Landak, Ketua beserta Pengurus IKADI Kabupaten Landak, dan masyarakat yang menghadiri.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Landak Samuel menyampaikan bahwa fungsionalisasi Masjid tidak hanya dapat dilihat dari intensitas penggunaan Masjid bagi pelaksanaan ibadah. Akan tetapi fungsionalisasi Masjid dalam konteks pemberdayaan masyarakat dalam rangka menjawab berbagai persoalan merupakan faktor penting peran Masjid.

“Masjid harus kita pandang sebagai sarana untuk melakukan banyak perbuatan yang mengandung amal shaleh maupun dalam rangka meningkatkan keshalehan sosial bagi masyarakat. Masjid harus mampu dijadikan sarana untuk menggali berbagai potensi yang dimiliki masyarakat. Selain itu, Masjid harus dapat dimanfaatkan untuk membahas berbagai persoalan masyarakat. Sehingga dengan demikian, melalui Masjid kita akan mampu melahirkan berbagai pemikiran, konsepsi, maupun langkah konkrit dalam mengatasi berbagai persoalan yang ada di masyarakat,” tutur Samuel.

Lebih lanjut Samuel mengajak kepada seluruh umat Islam yang ada di Kabupaten Landak, khususnya pengurus dan jama’ah Masjid IKADI Al-Fikri untuk meningkatkan peran Masjid bagi kehidupan umat Islam.

“Langkah konkrit untuk mewujudkan hal tersebut adalah perbaiki manajemen Masjid yang ada di lingkungan kita mulai dari landasan bagi pengurus Masjid hingga kepengurusan Masjid itu sendiri, perluas kegiatan atau program kerja dari Kepengurusan Masjid dan tidak hanya terpaku pada kegiatan ritu pelaksanaan ibadah dalam arti sempit, tetapi juga harus diperluas dalam konteks ibadah yang memiliki makna luas, dan maksimalkan potensi jama’ah untuk meningkatkan peran Masjid sehingga melalui Masjid kita mampu meningkatkan keberdayaan masyarakat,” jelas Samuel.

Ia berpesan kepada jama’ah Masjid IKADI Al-Fikri untuk menggunakan Masjid tersebut dengan semaksimal mungkin dengan melakukan berbagai aktivitas yang menumbuhkan pahala dan amal shaleh, serta upaya-upaya untuk meningkatkan keshalehan sosial, maupun aktivitas-aktivitas lain yang dapat mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat.

“Kepada Pengurus Daerah IKADI Kabupaten Landak yang sudah terdaftar di Badan Kesbangpol Kabupaten Landak pada tanggal 07 Desember 2022, saya berpesan agar selalu berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Landak dan ormas-ormas yang ada di Kabupaten landak dalam rangka senantiasa menjaga dan meningkatkan kerukunan hidup antar umat beragama yang sudah baik dan harmonis di Kabupaten Landak,” pesannya.

Samuel juga menyampaikan bahwa sudah banyak kiptah yang telah dilakukan IKADI dalam rangka menjaga keutuhan NKRI yang mana pada bulan November tahun ini Pengurus Pusat IKADI melaksanakan Webinar Nasional dengan tema “Kontra Narasi Radikalisme” bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam rangka mengikis penyebaran paham radikal.

“Saya merasa bangga dan bahagia atas selesainya pembangunan Masjid IKADI Al-Fikri Kabupaten Landak dan mudah-mudahan dengan selesainya pembangunan Masjid ini semakin menguatkan niat ibadah dan mampu membangkitkan penguatan persaudaraan antar sesama,” tutup Samuel.

Comments are closed.