Selamat Datang

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Daerah Kabupaten Landak

Pj. Bupati Landak Hadiri Pengukuhan Bunda Paud Kecamatan dan Bunda Paud Desa Kabupaten Landak Tahun 2022

Pj. Bupati Landak Hadiri Pengukuhan Bunda Paud Kecamatan dan Bunda Paud Desa Kabupaten Landak Tahun 2022

LANDAK – Pj. Bupati Landak Samuel, SE, M.Si menghadiri Pengukuhan Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa Kabupaten Landak Tahun 2022, di Aula Besar Kantor Bupati Landak. Rabu (30/11/2022).

Turut hadir Sekretaris Pokja Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Landak, Perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Kab. Landak, Perwakilan Kepala Dinas PPKP Kab. Landak, Kepala Dinas PMPD Kab. Landak, Perwakilan Kepala Dinas Sosial P3AKB Kab. Landak, Bunda PAUD Kab. Landak, Ketua Bhayangkari Kab. Landak, Ketua Persit Kab. Landak, Ketua Dharma Wanita Kab. Landak, Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa se-Kabupaten Landak, dan para tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Bupati Landak Samuel menyampaikan bahwa pendidikan di awal masa pertumbuhan anak sangatlah penting. tentu kita semua mempunyai kehendak yang sama serta mempunyai kepedulian yang besar terhadap pendidikan anak usia dini.

“Dengan demikian kita sama-sama ingin membantu pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, agar pada saatnya nanti, mereka memiliki kesiapan mental untuk memasuki pendidikan tingkat selanjutnya, mengantar mutiara bangsa ke gerbang masa depan mereka yang lebih baik,” ujar Samuel.

Lebih lanjut, Samuel mengatakan pada usia dini, otak berkembang dengan sangat cepat. Otak juga dapat menerima dan menyerap segala sesuatu yang dilihat dan didengarnya.

“Masa itu adalah masa-masa dimana perkembangan fisik, mental dan spiritual seorang anak akan mulai terbentuk. Oleh karena itu, banyak yang mengatakan ini adalah masa golden age bagi seorang anak,” ucap Samuel.

Ia juga mengingatkan kepada para orang tua bahwa pendidikan anak usia dini bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah dan lembaga PAUD saja, akan tetapi masyarakat dan orang tua juga harus bersama-sama berperan aktif mensukseskan pendidikan anak usia dini sesuai peran masing-masing.

“Kita tidak boleh cepat berpuas diri. Pekerjaan dan pencapaian besar untuk memasyarakatkan PAUD masih menunggu. Melalui intervensi kebijakan pemerintah, dengan menggerakkan instrumen pemerintah dari tingkat provinsi, tingkat kabupaten, tingkat kecamatan, tingkat desa sampai ke tingkat dusun,” tukasnya.


Pj. Bupati Landak itu juga menyatakan bahwa Bunda PAUD Desa dan Bunda PAUD Kecamatan merupakan ujung tombak yang berhadapan dan terlibat langsung dengan pembinaan anak-anak usia dini.

“Ini adalah untuk pembinaan anak-anak sejak usia dini di wilayah masing-masing utamanya di wilayah desa-desa dan untuk penyelenggaraan PAUD ini ada anggarannya yang dianggarkan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang disebut Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) alokasi pendanaan ini tergantung dari jumlah PAUD dan siswa didiknya,” jelas Samuel.

Tidak lupa Samuel mengucapkan selamat atas pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa dan mengajak semua pihak untuk turut mempersiapkan anak-anak serta mengambil peran dalam mensuskseskan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.

“Marilah kita semua bersama-sama membina anak-anak sejak usia dini yang mana merupakan salah satu program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan diharapkan nanti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang salah satunya adalah dilihat dari tingkat pendidikan anak-anak sampai dengan dewasa di Kabupaten Landak senantiasa meningkat. Jika semua bisa berjalan dengan baik, maka anak-anak kita akan mempunyai dasar, bekal, dan akhlak untuk melanjutkan ke tahap pendidikan yang lebih tinggi. Saya yakin dan percaya bahwa ini adalah tugas mulia bagi kita semua,” tutur Samuel.

Samuel juga berpesan jika ada masalah diharapkan disampaikan secara berjenjang dari Bunda PAUD Desa ke Bunda PAUD Kecamatan, kemudian ke Bunda PAUD Kabupaten hingga nanti dari Bunda PAUD Kabupaten ke Bunda PAUD Provinsi. Nanti juga akan didampingi dan difasilitasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak.

“Mari kita laksanakan serta selalu bersinergi dan berkolaborasi yang artinya jika ada permasalahan atau hambatan supaya bisa disampaikan secara berjenjang dan bersama-sama kita mencari solusi yang terbaik untuk permasalahan-permasalahan tersebut. Semoga segala upaya dan rencana kita ini selalu diberkati dan dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” tutup Samuel.

Comments are closed.